Senin, 03 Desember 2012

Life Of Pi (2012)

Genre : adventure
Score : 4/5

Satu lagi adaptasi novel berlatar belakang India diangkat ke layar lebar. Masih teringat jelas bagaimana film Slumdog Millionaire bisa sukses di pasaran dan kemudian merajai Academy Award. Kali ini giliran kisah perjalanan spiritual Piscine yang penuh sarat makna.

Film dibuka dengan seorang writer yang berkunjung ke ruma Piscine dewasa. Penulis ini sedang mencari inspirasi dan bahan tulisan. Atas petunjuk Mamaji, Penulis ini diarahkan ke Piscine, orang yang punya cerita luar biasa dan mampu membuat kita percaya bahwa Tuhan memang ada.


Piscine pun menceritakan kisahnya dengan sangat rapi. Mulai dari asal usul namanya sampai kemudian perjalanannya bersama keluarga hingga petualangan yang maha dahsyat dengan 'Richard Parker'. Sebuah kisah yang sangat epik dan mungkin tidak semua orang akan mempercayainya.

***


Film ini adaptasi dari sebuah novel laris dan thanks to Mr. Ang Lee, yang sudah menerjemahkan petualangan Pi dengan sangat indah dan Grande. Bentangan samudera yang sangat indah bisa ditampilkan dengan sangat sempurna, tapi kemudian di waktu berikutnya bisa terlihat sangat menakutkan dan menyeramkan. Tak berhenti saya menelan ludah melihat keindahan sinematografi film ini. KEREN!!! Opening sequence film dengan lantunan lagu khas India juga terasa syahdu di hati. Sederhana tapi terasa sangat dalam. Saya seperti menyaksikan saluran tipi dokumentar yang menakjubkan.

Pulau tempat yang Pi terdampar pertama kali itu sangat hijau dan penuh dengan hewan (saya lupa namanya) itu sangat lucu dan sekaligus mengagumkan. Pokoknya semua gambar selama perjalanan Pi sungguh amazing. Makin mengingatkan kita betapa besarnya Kekuasaan Sang Pemilik dunia.



Oke, itu sual visual, bagaimana dengan cerita?
AWESOME!!! Sebuah cerita perjalanan spiritual yang sarat dengan makna. Pencarian jati diri Pi terjawab dari panjangnya cobaan yang dialami Pi selama perjalanan ini. Saya tidak berani memaparkan bagaimana makna akhir semua itu, silahkan menerjemahkan sendiri, karena saya yakin ada banyak interpretasi yang bisa muncul di sana. Tergantung dengan sudut paandang kita masing-masing. Tapi memang kaitannya semua dengan Sang Pencipta.

Satu kata dari film ini, WAJIB NONTON!!!

3 komentar:

Dani Freaks mengatakan...

Pas gw baca bukunya, pulau Meerkat adalah yang paling gw incer visualisasinya. Soalnya di bukunya, pulau ini super indah, bright, menawan, namun di balik semuanya, scary.

Dan Ang Lee udah bikin pulau ini sebagus yang digambarkan Martel di buku.... super awesome

TJ mengatakan...

sempet ada bagian yg mengharukan pas badai lalu si Pi ini bilang,
"Kau sudah ambil semua dariku, keluargaku. Apalagi yg Kau mau?"

Kacamata mengatakan...

@Dani : Gw spontan bilang "lucu banget!" pas liat hamparan Meerkat yang serempat meninggikan leher mereka.

@Tijeh : Ish sama jeh, gw juga berdesah pas kalimat itu diucapkan Pi.