Jumat, 09 November 2012

Skyfall - 2012

Score : 4/5
Genre : Action
M (Judy Dench) dan badan intelejensi yang dipimpinnya terancam bubar. Data penting tentang rahasia agen yang memata-matai kegiatan teroris di seluruh dunia berhasil dicuri orang. Kesalahan ini menyebabkan Perdana Menteri Inggris tidak lagi mempercayai M dan berniat memecatnya.

Bond (Daniel Craig) yang gagal dalam misi menyelematkan data itu ikut terpanggil menyelematkan MI6 tempat dia bernaung selama ini, meski sebelumnya dia sempat menghilang karena kecewa dengan perlakuan M terhadap dirinya.



Sementara itu, otak dari teror kejahatan itu, Zilva (Javier Bardem), ternyata punya dendam pribadi dengan M. Dendam yang membuat dia membenci jalan hidupnya, dan menurutnya M lah penyebab semua itu.

***

Opening film ini terasa lebih dramatis meski adegan actionnya jelas bukanlah hal yang baru. Kejar-kejaran mobil dan motor di pasar, di atas genteng, baku hantam di atas gerbong kereta semuanya sudah sering ada di film action besar lainnya, tapi tetap aja breathtaking.

Craig secara fisik memang terlihat paling tangguh di antara para pemeran agen 007 ini, meski begitu sisi vulnerable dan labilnya juga berhasil ditampakkan, jadi sosok heroic James Bond terlihat lebih manusiawi.



Acungan jempol wajib diberikan untuk Javier Bardem, yang secara sinting menebarkan teror-teror ke MI6, tempat agen rahasia bersarang. Dia bagaikan Joker dengan tampilan lebih natural tanpa polesan make up yang acak kadut. Setiap kata dan gerak yang dilakukannya selalu menjadi pusat perhatian. Stand out! Meski penampilan pemain lain seperti Ralph Fiennes dan Judi Dench juga ga bisa dikecilkan. They were good!



Ada yang sedikit berbeda dengan film Bond kali ini dibandingkan film-film sebelumnya. Wanita dan gadget. Yup, 2 hal yang selalu menempel setiap saat pada karakter Bond. Skyfall tidak terlalu menonjolkan sisi ini. Wanita Bond yang selalu menjadi pembicaraan, menurut saya tidak 'semegah' wanita-wanita Bond sebelumnya. Pun gadget yang digunakan Bond juga sangat sederhana, mungkin disesuaikan dengan jalan cerita yang diusung film ini "Cara lama biasanya bisa menyelesaikan masalah dengan lebih baik".

Satu lagi yang bikin saya terpana kagum adalah opening sequence yang terasa lebih art dan magic. KEREN!!! Ditambah musik dan suara Adele yang sangat khas membuat saya memberikan nilai plus tambahan untuk film ini.

Dan terakhir, saya angkat topi untuk kesuksesan Sam Mendes, sang sutradara meramu cerita Bond menjadi terasa lebih komplit. Bukan hanya Suguhan action yang keren dengan ramuan drama yang ada membuat film ini jadi berbeda, lebih baik dan manusiawi, tapi juga sinematografi yang apik membuat film ini terasa nyaman di mata.



Lewat Skyfall ini, saya kemudian lebih peduli dengan kisah pribadi James Bond. Yup, Latar belakang James Bond terasa sangat penting untuk diketahui. Oleh karenanya saya berharap, someday ada film prequel yang bisa menceritakan kisah itu dengan baik. JAMES BOND : BEGIN. I hope so!

Film sangat layak tonton!
4/5

3 komentar:

Aulia mengatakan...

Ending nya mengecewakan karena sangat mudah ditebak

Kacamata mengatakan...

Yah, most of JBs' movie is predictable Om. Mungkin yang menarik untuk diliat adalah bgm penyampaiannya.

Unknown mengatakan...

Gw ketiduran dong nonton ni film, gak tau apa yang salah..