Selasa, 25 Agustus 2009

Ramadhan... Ah Indahnya!

Saya tidak perlu menuliskan lagi hikmah Ramadhan di blog saya kali ini. Bejibun tulisan yang bisa mengulas dan membahasnya lebih kompleks dan lebih dalam.

Bukannya saya apatis dengan hikmah Ramadhan, bukan sama sekali. Karena hal itu sudah saya yakini dari dulu (dan semoga bisa dijalankan dan diamalkan).

Cuma ada sisi lain yang mungkin kadang-kadang luput dari pandangan kita bila Bulan Suci dan penuh berkah ini datang.

Coba saya tulis satu-satu ya :

1. Bersih lingkungan
Dari stasiun kereta sampai kantor, tidak sedetik pun saya mencium aroma asap rokok. Padahal biasanya, beuhhh... Di stasiun kereta apalagi. Ada orang yang kalo merokok, asap nya itu ngebul kek habis bakar sampah

2. Pulang Cepat
Salah satu kebijakan kantor selama Ramadhan, waktu kerja lebih pendek. Asik... Biasanya selalu pulang di atas jam tujuh. Sekarang jam 4 sore, saya udah nangkring di Stasiun Gambir nunggu kereta Pakuan Bogor Jam 16.12

3. Masjid Penuh
Hal yang menggembirakan lainnya adalah Masjid luber kemana-mana. Sampai nambah area dengan mendirikan tenda. Hal yang sangat jarang terjadi di hari biasa. Meski secara tradisi Keramaian itu kebanyakan akan surut dan berpindah ke pusat perbelanjaan. Mudah-mudahan tahun ini, mitos itu salah.

4. Ngantuk
Salah satu hikmah Ramadhan kan disiplin. Tapi kebanyakan pegawai tidak menyadari mereka telah melakukan pelanggaran waktu kerja dengan menambah jam istirahat sambil tidur-tiduran di masjid. Kalo ngomong ngantuk, semua orang pasti ngantuk, karena jam tidurnya berkurang dengan adanya waktu Sahur. Tapi ayoo... dilawan dong rasa kantuk itu.

5. Lebih tenang

Salah satu yang drastis berubah adalah, ga ada teriakan-teriakan konyol dan jorok dari teman-teman kantor. Tau sendiri dong kalo anak Teknik ngumpul, mulutnya seolah ga pernah sekolah. Nyablak apa aja yang mau keluar ... Kadang membahas sesuatu yang privacy yang sebenarnya hanya dia dan keluarganya (baca: istrinya) aja yang tau. Waduhh...

6. Lebih religius
Memang dahsyat pengaruh Bulan Suci Ramadhan. Tiba-tiba pola hidup disekitar saya berubah lebih religius. Ringtone yang biasanya bunyi aneh-aneh tiba-tiba jadi alunan lagu religi si Opick. Atau Ring Back Tone yang tadinya suara band lokal ngetop, berganti ceramah Ustadz yang penuh wejangan. Playlist PC yang tadinya masang lagu-lagu Ridho Rhoma dan sejenisnya berganti alunan ayat suci Al-qur'an.

7. Mendadak Shopper
Entah kenapa, Selama Bulan Ramadhan, Pusat perbelanjaan tidak pernah sepi. Emang sih dulu-dulu juga begitu. Tapi paling tidak lebih rame. Apalagi menjelang Idul fitri. Masya Allah... saya pernah punya pengalaman yang membuat saya kapok. Saya dititipin saudara beli baju muslim di Tanah Abang. Berhubung saya ga pernah ke sana sebelumnya, saya pikir pas mau mudik lebaran aja baru belinya.
Begitu sampai di sana.... Ckckckck! Padat abis! Bahkan ibu-ibu yang ada di sana sudah tidak mempedulikan (maap) badan mereka. Saya aja kepentok berulang kali dengan "mereka". Saya benar-benar risih. Kalo bukan karena terlanjur janji saya tinggalkan tempat itu saat itu juga.

Hikmah Ramadhan kan mengajarkan kita bisa berbuat lebih baik dari sebelumnya. Jadi kalo hal-hal baik yang kita dapat selama bulan Ramadhan, kenapa tidak dipertahankan secara kontinyu.

Ramadhan for a better life!

Tidak ada komentar: