Senin, 21 Juni 2010

The boy in the striped pyjamas - Miris bener!

Genre : Drama
Score : 4 of 5 Stars

Akhirnya saya menemukan DVD nya setelah sekian lama "berjuang" mencari ke sana ke mari. Dari beberapa review, termasuk punya Yayan, saya bisa menarik kesimpulan kalo film ini pasti bagus. Makanya pasti saya sempatkan untuk mencari film ini ketika berada di lapak DVD. Meski kebanyakan berakhir dengan gelengan kepala tanda ga ada atau ga mengerti sama sekali dengan film ini.

Bruno, anak yang cerdas dan punya jiwa explorer serta rasa ingin tahu yang tinggi terpaksa harus ikut pindah bersama ayahnya di tempat baru karena ayahnya baru saja dapat promosi. Dengan berat hati dia meninggalkan rumah dan teman-temannya.

Di tempat baru dia berusaha mencari kesibukan, hingga kemudian menemukan jalan untuk bermain di halaman belakang rumahnya. Tempat yang selalu mencuri perhatiannya. Di sana dia menemukan sebuah perkampungan yang dibatasi dengan kawat yang dialiri arus listrik.

Perkampungan yang dianggapnya sebuah pertanian, menjadi lebih menarik karena menemukan Shmuel, anak botak kecil yang duduk ditepi dekat kawat berduri itu. Asli saya sangat tersentuh dengan penampakan Shmuel. Ekspresi dan sosoknya sangat pas!



Mereka akhirnya menjadi teman ngobrol. Mereka menyatu dalam dunia bocah yang sama meski sebenarnya mereka berasal dari kasta yang berbeda. Bruno sangat penasaran dengan apa yang terjadi di balik kawat berduri itu. Dia ingin ikut bermain. Dia ingin merasakan memakai pyjama dan memiliki nomor urut di dada.

Asli film ini bikin saya merasa miris. Tersentuh dengan apa yang ditampilkan Bruno dan Shmuel. Meski Bruno belum berhasil menampilkan penghayatan peran yang sempurna, tapi tetap saja mampu mendeliver pesan dalam filmnya.



Kisah ini diangkat dari sebuah novel yang termasuk laku di pasaran. Kisah yang berlatar berlatar belakang perseteruan Nazi Vs Jewish ini bisa memberikan banyak pelajaran kepada kita, bahwa kejahatan yang kita perbuat ke orang lain bisa berbalik menggantung leher kita sendiri.

Bahkan kita bisa belajar banyak dari seorang anak kecil yang sangat polos dan selalu berpikir positif terhadap satu hal.

Tidak ada komentar: