Kamis, 28 Maret 2013

The Croods (2013)

Genre : Animasi
Score : 5/5

Keluarga The Croods adalah manusia-manusia gua yang berhasil bertahan hidup di jamannya di mana kumpulan manusia gua lainnya satu persatu punah karena menurut Grug, kepala keluarga The Croods, mereka tidak mematuhi aturan-aturan yang ada.

Iya, Grug sangat percaya apa yang membuat mereka bertahan adalah kepatuhan mereka menjalankan semua tradisi manusia gua. Menghindari gelap dengan bersembunyi di gua, mencari makanan dengan cara mereka sendiri dan bertahan hidup di satu gua tanpa ada keinginan untuk berpindah tempat. Sebuah prinsip yang sangat dibenci Eep, anak perempuan Grug paling tua. Eep punya rasa ingin tahu yang tinggi. Tidak suka kegelapan dan selalu mencari hal-hal baru. Semua antusias Eep itu membawanya mengenal Guy, manusia purba yang selalu bertindak dengan akal bukan dengan otot seperti yang selalu dibanggakan Grug.
Guy membawa perubahan besar dalam keluarga The Croods. Bukan hanya cara berpikir tapi juga cara bertindak, termasuk bagaimana mereka harus berpindah ke tempat baru karena tempat mereka sekarang terancam ambruk karena pergerakan bumi.

***

I LOVE THIS MOVIE SO MUCH!!!
Mungkin sudah keliatan dari skor yang gw cantumin di awal review. Hahaha

Iya, film ini tidak hanya memberikan visual yang sempurna tapi juga cerita yang sarat makna! Yah, personally, gw suka tema-tema keluarga seperti ini. Kecintaan Grug terhadap keluarganya sangat terlihat jelas meski kemudian ditangkap negatif oleh Eep sebagai sebuah tindakan yang sangat protektif. 

Dilema yang dihadapi keluarga The Croods sangat manusiawi. Tidak heran gw merasa sangat larut dengan apa yang mereka alami. I can see clearly my fathers' figure on Grug! Keluarga The Croods memang kompleks, mewakili gambaran semua keluarga yang ada. Ada anak penurut dan ada anak yang pembangkang.


Demikian pula dengan kehadiran Guy, sosok yang mencoba memberikan pencerahan bahwa segala sesuatunya bisa mudah dilakukan dengan otak bukan dengan otot. Kecemburuan Grug dengan kehadiran Guy yang berhasil mencuri perhatian The Croods yang lain juga sangat manusiawi. Intinya semua karakter dan ceritanya make a sense!


Soal gambar ga usah diragukan lagi. Dreamworks keknya bisa menjadi ancaman berat bagi perusahaan film yang sudah lebih dulu eksis di dunia perfilman animasi seperti Disney dan Pixar. Beberapa scene berhasil membuat gw menganga amazed dan takjub. Bahkan sempat terlontar spontan kalimat "SO REAL!!!" dari mulut gw! Sayangnya gw ga nonton yang versi 3D.

Overall, cerita ini menghibur, tidak hanya dengan tampilan yang segar, manusiawi serta jokes yang pas, tapi juga pesan moral yang kuat dan menyentuh. Tontonan ini pas untuk anda sekeluarga!

A must see movie!!!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

It's going to be end of mine day, but before ending I am reading this enormous article to improve my knowledge.

My weblog rolexコピー