Selasa, 10 Januari 2012

[TV Series] The Walking Dead - 2010

Genre : Drama. Thriller
Score : 4/5

Wah, sudah ga kehitung gw baca dan dengar review tentang serial ini. Bahkan di twitter orang sahut-sahutan membahasnya ketika tiap episode airing di tv cable. Semuanya bilang BAGUS! Kebetulan belakangan koneksi internet lancar jaya, akhirnya terkumpullah 2 season The Walking Dead. Ide ceritanya sih standar hampir sama dengan film-film zombie lainnya. I am the Legend, Zombie Land, Resident Evil dan masih banyak lagi. Belum lagi ceritanya ini merupakan adaptasi dari sebuah graphic novel berjudul sama.

***

Rick (Andrew Lincoln) adalah seorang sheriff yang tertembak karena tugas. Ketika tersadar dari komanya, dia harus menerima kenyataan bahwa dunia sekarang sedang diambang kehancuran. Tidak ada lagi tanda-tanda kehidupan. Semua sudut kota di penuhi dengan zombie atau mayat berjalan, dalam serial ini disebut walker.

Untungnya dalam perjalanannya menyelematkan diri, Rick akhirnya bertemu anak dan isterinya dalam sebuah kelompok yang masih bergerilya mencari kehidupan. Dan disinilah letak konflik sesungguhnya, mereka harus bisa bertahan dalam kelompok, berjuang melawan ego dan mengeluarkan sisi lain dari karakter mereka.

***

Ada beberapa hal gw menunda serial ini. Yang paling utama sih, Horor is totally not my genre. Dan setelah menontonnya gw bisa bilang, ini bukan HOROR! Trust me! Makanya genre di atas gw masukkan ke dalam Drama. Konflik yang terjadi antara karakter dalam kelompok yang bertahan hidup itu jauh lebih menegangkan dan membuat emosi meluap-luap dibandingkan perseteruan mereka melawan walker. Tidak hanya itu, penggambaran setiap karakter dalam masa-masa labil sungguh menarik. Kehilangan kepercayaan dan keyakinan dengan peristiwa yang mereka alami.


Setiap orang pasti punya kekurangan dan kelebihan. Kadang nice guy bisa tiba-tiba jadi sangat jahat dan menjengkelkan. Demikian sebaliknya. Kejadian-kejadian seperti itulah yang sering ditampilkan sebagai suguhan utama di setiap episodenya. Memang benar kata orang bijak, karakter manusia sesungguhnya itu bisa terlihat ketika berada dalam posisi terjepit. Ga terhitung gw sukses gregetan dan terkejut di setiap episodenya. Selalu terkecoh dengan setiap tokoh yang ada dalam serial ini. Jadi jangan cepat mengambil kesimpulan terhadap satu karakter ya. Hahaha...

Oia, salah satu karakter yang cukup menarik dalam serial ini adalah Glenn. He's a Korean. Menurutku dia salah satu tokoh kunci dalam perjalanan mereka bertahan hidup, meski sebenarnya mayoritas kelompok mengunderestimatenya. Yah, a lil bit racist, u know :! Yang menarik, sepertinya orang-orang barat sana sudah mulai menotice keberadaan kita (Asian) dengan lebih intens. Gw perhatikan selalu ada karakter Asian yang tidak hanya sekedar karakter sisipan tapi sometimes justru jadi somebody di ceritanya. Kapan-kapan ngeblog ah masalah ini :D

Dan salah satu episod favoritku adalah Season 2 Episode 3. Gw benar-benar teriak histeris setelah tau kejadian sebenarnya. Pengen mengumpat ga jelas. Kurang ajar banget twist di episod itu.

Jadi tonton deh serial ini, ga perlu terlalu takut dengan sosok walkernya, meski ada beberapa yang menakutkan dan menjijikan (well jangan nonton sambil makan ya). Very recommended one! Pokoknya a must watch tv show!

3 komentar:

risa mengatakan...

recommended ya ternyata... padahal selama ini saya sebel sama fox, ngapaiiin kok malah serial ini terus yang diputer sih. baiklah, kapan-kapan nyari n nonton juga deh meski horor bukan favoritku juga sih :)) *penakut* ;p

Kacamata mengatakan...

Beneran ini tidak horor!
Lebih menonjol dramanya. Pertikaian dan konflik antara karakter yg ada dalam kelompok itu lebih menonjol. Nonton maki :D

nanda mengatakan...

rada heran knp imdb ngasih rating sampe 8,7. maybe krn serial zombie blm ada sebelumnya.