Selasa, 03 Januari 2012

[TV] The Glee Project Season 1 (2011)


Genre : Music + Reality Show
Score : 4/5

Reality show ini sebenarnya ditujukan untuk mencari darah baru dalam serial Glee season 3. Dari 40 ribuan peserta yang mendaftar secara online lewat mySpace, tersaringlah 12 contender yang siap berebut satu karakter dalam serial remaja musikal yang sekarang sedang digandrungi remaja Amerika sana. Tidak hanya serial tv nya yang laku, tapi juga penjualan lagu-lagu yang dipakai dalam serial pun laku booming.

Ke-12 finalis ini bener-benar luarbiasa berbakat. Bahkan melihat penampilan mereka bernyanyi, finalis Idol justru jadi terasa nothing! Beneran deh, suara mereka ga ada yang jelek! Gw salut dengan seleksi mereka. Apa mungkin karena mereka benar-benar cari bakat bukan sekedar tampang atau penampilan.

Dalam Glee Project ini, mereka diberi tugas mingguan (Sebagaimana Mr. Shue selalu memberi tugas mingguan ke anak-anak Glee) dan pemenang tugas mingguan ini akan diberi mentoring khusus dari para bintang Glee. Setelah itu mereka diuji dalam vocal dan dance class. Setelah itu, mereka dibuatkan video clip untuk melihat kemampuan akting mereka.

Dari hasil evaluasi itu semua, 3 terbawah akan diberikan last chance performance di depan Ryan Murphy, creator Glee, untuk dinilai secara langsung. Dan yang tidak terpilih harus segera pulang.


Dalam camp, mereka justru dituntut menampilkan siapa diri mereka sebenarnya. Ga ada yang ditutup-tutupi. Terutama pas episode Vulnerability, mereka harus mampu menunjukkan satu kata yang bisa mendeskripsikan ketakutan mereka. Di episod ini ada satu peserta yang tiba-tiba menangis karena mengingat kesalahannya dan menjadi traumanya selama ini. Yup, dia pernah dimanfaatkan secara sexuality oleh calon produser rekamannya. That's the way she wrote 'used'.


Oke, acara adu bakat ini sebenarnya sudah basi, secara pemenangnya sudah ketahuan dan bahkan sudah muncul di Season 3 Glee. Tapi gw baru bisa liat full episodenya kemarin. Jadi saran gw, kalo memang mau tau bagaimana bakat mereka diadu dalam format reality show, jangan cari bocoran siapa pemenangnya, krn for me it was surprising. They were all great, jadi susah nebak siapa yg bakal menang.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

aku nonton ini waktu disiarkan di star movie, emang keren. masing" kontestan punya keunikan tersendiri. rasanya sayang juga kalo semuanya ga msk penayangan glee meskipun hanya 1 org 1 episode ya.. (aku lom ntn glee season 3 tapi jadi lom tau itu ) hehehehe^^

Kacamata mengatakan...

Sejauh ini (Episode 9 season 3) baru 2 dari 4 grand finalis yang muncul. Kita tunggu setengah Season lainnya (Kurang lebih 12-13 Episode).
Btw, Damian cocok masuk dalam Glee Club. Vulnerablenya dapat :D