Rabu, 11 Februari 2015

Whiplash (2014)


Genre : Drama, Music
Score : 3.5/5

Andrew Neyman (Miles Teller) adalah mahasiswa muda drummer di sekolah musik bergensi di Amerika Serikat, Shaffer Conservatory. Andrew gigih dan rajin latihan demi mencapai cita-cita dan obsesinya, seperti drummer idolanya. Karena kegigihannya itu, dia berhasil mencuri perhatian Terence Fletcher (J.K. Simmons), seorang musisi handal dan mentor di kampus tersebut. Dan karena kemampuannya pula, diapun direkrut oleh Fletcher ke dalam band musiknya, sebuah pencapaian bergensi dan idamkan banyak mahasiswa.

Hanya saja Andrew harus menyadari, bahwa dia ternyata bukan satu-satunya drummer. Dia harus bersaing merebut hati Fletcher. Andrew pun berlatih dengan darah dan keringat (literally) untuk memenangkan posisi drummer utama di band Fletcher.


Di sisi lain, Fletcher bukanlah mentor biasa. Dia keras bahkan cenderung sadis. Semua kalimat yang dilontarkan tak ada satupun yang manis. Semua mahasiswa yang ada dalam bandnya selalu ketakutan ketika berhadapan dengan sang mentor.

***

Film ini memang bergenre drama musikal, tapi ritmenya tidak kalah dengan film action yang bisa mencuri nafas kita. Berulang kali gw tercekat menyaksikan interaksi antara murid dan mentor, padahal gw sama sekali buta dengan hal-hal yang berbau musik jazz.


Acungan jempol buat para pemain utamanya. Miles Teller selama ini tidak pernah tampil berkesan buat gw. Dia hanya selalu menjadi pelengkap saja. Tenggelam oleh pemain lain. Di film ini dia tampil prima. Dia bahkan tampil seperti drummer pro. Konon dia harus kursus drum dengan jadwal yang ketat. Tapi penampilan yang paling prima diperlihatkan Simmons, Dia benar-benar tampil galak dan menjengkelkan. Kalian bisa liat bagaimana ekspresi seorang mentor yang berhati bengis. Pun di detik-detik terakhir filmnya gw masih pengen gilas si Fletcher ini. Hahaha...


Whiplash sukses besar di festival film Sundence, meraih perhargaan Grand Jury Prize dan Audience Award. Di Oscar juga, film ini masuk di daftar nominasi film terbaik. Simmons juga bersaing memperebutkan actor supporting terbaik. Total film ini berpeluang meraih 4 piala oscar.

Tidak ada komentar: