Senin, 08 November 2010

MACHETE - Visual kelas B kualitas kelas A

Genre : Action
Score : 4 of 5 stars

Banyak yang menyangka kalo film iniadalah film asal jadi yang hanya menjual beberapa nama tenar di dalamnya tapi mengesampingkan kualitas. Memang sih, kalo ditilik sekilas, dari cover dan beberapa tampilan awal film ini, kita seolah melihat film kacangan sekelas film B yang selalu menjadi film untuk komsumsi kelas bawah.

Tapi jangan pernah menilai film dari covernya saja. Coba nonton dan dapatkan, kenapa film ini bisa begitu menarik dan asik untuk diikuti.

Machete (Danny Trejo) adalah mantan federal yang berhasil selamat dari peristiwa pembunuhan oleh kesatuannya sendiri. Dengan terlunta-lunta, Machete mencoba bertahan hidup di Texas, perbatasan dengan Mexico asal kelahirannya. Dia rela bertarung hanya untuk uang dan makanan.

Hingga kemudian dia mendapatkan tawaran dari Booth untuk membunuh Senator McLaughlin (Robert DeNiro), seorang birokrat yang sangat benci denga imigran gelap dari Mexico. Tawaran bernilai 150 juta Dolar itu diterimanya. Sayangnya ada konspirasi di dalamnya.



Machete justru terjebak dalam permainan konspirasi itu. Dia menjadi kambing hitam dalam peristiwa penembakan senator. Peristiwa yang mampu mendongkrak kembali popularitas Senator yang sempat jatuh drastis. Konspirasi ini ternyata melibatkan Torres (Steven Seagel), musuh bebuyutannya yang menghabisi keluarganya.

Dendam kesumat pun bergulir panas. Apalagi Machete justru semakin mendapatkan banyak dukungan dari pihak termasuk Rivera (Jessica Alba) petugas imigrasi.

Film ini bertabur bacokan, tembakan dan muncratan darah di mana-mana. Penuh adegan sadis yang mengundang rasa ngilu. Tapi lucu!!! Entah, kenapa film ini terasa unik dan original. Mungkin kita sudah eneg dengan berbagai film sophisticated yang ditawarkan hollywood belakangan ini.

Beberapa tampilannya malah terlihat sangat kuno dan kualitas rendahan. Tapi itulah keunikannya. Danny Trejo itu cool banget mainnya di sini. Steven Seagel untuk pertama kalinya saya me-noticed penampilannya. Ternyata dia cocok jadi tokoh antagonis. Robert De Niro seperti biasa selalu bagus! Ada Lindsay Lohan juga. Perannya bener-bener bit*h. Hanya tampil telanjang dan kemudian tertutup di akhir film. What the....

Oia, Machete itu sepertinya berarti golok atau parang panjang yang selalu menjadi ciri khas sang jagoan.



Saya suka kepercayaan diri sang sutradara. Dia yakin kalo film ini bakal membekas di penonton. Terbukti di akhir film dia mengumumkan bahwa Machete akan segera berlanjut pada sequel berikutnya!

Tidak ada komentar: