Rabu, 22 Februari 2012

The Help (2011)

Genre : Drama
Score : 4/5

Film ini bisa jadi tamparan buat kita semua yang masih melakukan diskriminasi terhadap orang-orang yang berjasa membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Film ini sarat makna yang membuat saya pribadi tertegun bahkan terenyuh melihat mereka, para the help.

***

Skeeter (Emma Stone) adalah penulis yang tertarik dengan kehidupan Afro-American yang rata-rata mencari uang dengan cara menjadi pembantu. Kehidupan mereka yang sulit dan terjepit dengan kebijakan pemerintah yang pro dengan "warna kulit" membuat posisi mereka semakin terpojok.

Skeeter ingin membukukan kisah mereka dari sudut pandang para "the help" ini. Dia berusaha membujuk Aibileen, pembantu sahabatnya, Hilly. Awalnya Aibileen tidak ingin membagi pengalaman hidupnya bekerja sebagai pembantu di keluarga kulit putih, tapi kemudian dia merasa saatnya lah mereka bersuara. Minny, teman baik Aibileen, akhirnya ikut serta dalam penyusunan buku ini. Cerita sedih, bahagia, lucu dan unik mengalir satu persatu.

Skeeter juga ternyata punya pengalaman tersendiri dengan pembantu. Dia dibesarkan dengan cinta dan kasih oleh seorang wanita berkulit hitam, Constantine, pembantu yang bisa membuat Skeeter tegar dan tegas menjalani hidupnya, sebuah tugas yang seharusnya dirasakan dari ibunya.



***

Film ini bersetting tahun 60-an, di mana pada masa itu, masalah rasis sedang menjadi isu paling hangat dibicarakan. Sebuah kamuflase setting menurutku karena tindakan diskriminasi terhadap pembantu ini masih banyak terjadi sampai sekarang.

Berulang kali saya menghela nafas menonton film ini. Sebuah tindakan diskriminasi yang sebenarnya mungkin pernah kita lakukan terhadap mereka. Mentang-mentang kita membayar mereka bukan berarti kita bebas memperlakukan mereka apa saja yang kita mau?

Film ini memberikan sudut pandang yang berbeda, bagaimana pendapat mereka, apa yang dirasakan, dan apa yang ingin diungkapkan oleh mereka, sedikit banyak, tersampaikan dalam film ini.


The Help masuk dalam beberapa nominasi di Academy Award tahun 2012 ini. Setelah nonton filmnya, no wonder! Sangat direkomendasikan untuk ditonton sekeluarga!

Tidak ada komentar: