Jumat, 03 September 2010

The Ghost Writer - Bukan film Horor!

Genre : Drama
Score : 3.5 of 5 Stars

Awalnya saya pikir ini adalah sebuah film horor suspense yang misterius dan mencekam, ternyata salah total. Ini adalah sebuah film yang menceritakan sebuah profesi penulis yang disewa untuk menulis biografi seorang publik figur.

Dari sini saya tau kalo ternyata Ghost writer itu adalah istilah sebuah profesi penulis bayangan yang tidak akan disebut namanya dalam karya tulisanya itu. Untuk lebih jelas tentang apa dan bagaimana profesi Ghost writer itu silahkan baca di sini : http://en.wikipedia.org/wiki/Ghostwriter

Kembali ke filmnya.

Ewan Mc Gregor (Namanya ga disebut sepanjang film, adalah penulis yang bertugas menjadi the next Ghost Writer yang disewa oleh seorang politisi besar dan juga mantan perdana menteri Inggris, Adam Lang (Pierce Brosnan). Ewan harus melanjutkan kisah Adam Lang yang sebelumnya sudah ditulis oleh McNamara. Hanya saja McNamara ditemukan tewas di sebuah pulau kecil dekat rumah Adam Lang.

Ewan pun masuk kedalam kehidupan Adam dan berusaha menyelesaikan kisah itu. Semakin dalam dia melakukan riset dan penelitian, semakin dekatlah sebuah misteri besar terkuak. Melibatkan banyak petinggi negara dan juga CIA. Bukan hanya kasus-kasus pribadi Adam tapi juga conspiracy politik tingkat tinggi.

Karena penemuan-penemuan itu, Ewan justru terancam hidupnya. Dia tetap berusaha menyelesaikan secara profesional, meski nyawanya adalah taruhannya.

Tidak pernah menyangka kalo film ini justru kental dengan unsur politik dan conspiracy. Menariknya saya baru tau kalo ada profesi seperti ini. Penulis profesional yang melakukan apa saja untuk sebuah karya besar tapi kemudian namanya tidak diakui sama sekali dalam karyanya itu.

Kalo anda menyukai genre film seperti ini, The Ghost writer akan bisa anda nikmati.

Oia, film ini diangkat dari sebuah novel berjudul The Ghost. Film ini disutradarai Roman Polanski (The Pianist). Konon film ini tertunda karena Polanski mendapat kasus kriminal plecehan seksual...

Tidak ada komentar: