Kamis, 03 Februari 2011

The King's Speech - Public Speaking untuk Raja

Genre : Drama
Score : 3.5 of 5 stars

Merajai nominasi Oscar 2011 membuat orang banyak berpaling ke film yang satu ini. Dan itu termasuk saya. Menunggu lama beredar di jaringan bioskop Indonesia membuatku gerah dan akhirnya memutuskan menonton di DVD saja. As usual :D Menuntaskan rasa penasaran kenapa orang begitu menjagokan film ini.

George aka Bertie (Colin Firth) harus menerima tugas berat setelah King George V wafat. Memimpin negara yang besar dan disegani. Ada satu hal yang membuat dia tidak percaya diri karena dia punya kelemahan dalam hal public speaking. Dia mengidap penyakit gagap yang susah berbicara dengan lancar. Kekurangannya itu dirasa membuat dia tidak terlihat berwibawa dan akhirnya tidak percaya diri ketika harus memberikan statement atau membacakan pidato di depan umum.



Untuk menyembuhkan "penyakit"nya itu dia sudah berobat dan terapi kemana-mana, tapi tidak kunjung menemukan hasil. Sampai kemudian isterinya menemukan seorang terapis speaking yang arogan, Luke (Geoffrey Rush). Luke memberikan terapi yang unik dan tidak pernah ditemukan di terapi sebelumnya. Satu lagi, Luke memposisikan dia tidak sebagai dokter atau orang yang bisa menyembuhkan. Dia menganggap George yang jelas-jelas seorang raja, penguasa negara, sebagai teman yang sederajat. Gengsi dan angkuh seorang raja George VI atau Bertie, panggilan Luke ke raja, sesekali muncul.



Ketika suasana dunia mulai memanas karena peperangan, Raja harus menyatakan sikap ke dunia lewat pidato negara yang disiarkan secara live lewat radio. Konflik memuncak antara ketakutan dan keharusan berbicara di depan umum.

Entah kenapa totally saya lebih suka film Black Swan. Mungkin karena film ini lebih cenderung flat dan tidak beriak. Untungnya Colin Firth sangat berhasil menampilkan emosi dan konflik yang terjadi dalam sosok George. Rasa ketidakpercayaan dirinya tergambar sangat jelas. Ketakutannya sangat berhasil diperlihatkan. No wonder kenapa dia bisa mengalahkan Jeff Bridges (True Grit) salah satu nominasi unggulan di ajang Golden Globe January Kemarin. Rush juga bagus loh mainnya.

Kalo mau nonton ini spare snack yang banyak biar ga ngantuk ya.

Momen dia membacakan speech pertamanya yang disiarkan secara worldwide benar-benar membuatku geregetan. The most fave scene in this movie! Oia, ini Cerita kisah nyata dari King George VI, ayah dari Elizabeth II.

Dan kita tunggu apakah Colin Firth kembali berjaya di Oscar...

2 komentar:

aulia mengatakan...

i skipped the blog, afraid will read some spoilers. :D.
My friend who had watched it said its good, very good instead. :D. Looking forward to watch it!

Kacamata mengatakan...

Dont worry, I promise no spoiler on my review, that is reviewer's rule #1
In Jakarta, TKS has come and already on "now Showing" board.
Have enjoy the movie!