Minggu, 07 Agustus 2011

Transformer : The Dark of the Moon - Optimus Prime Keren!

Genre : Action + Adventures
Score : 3.5/5

Jika ada sequel yang paling saya tunggu di antara film yang rilis tahun ini, saya bisa bilang, Transformers lah yang berada di urutan teratas. Film pertamanya benar-benar berhasil membuat saya sesak kelamaan nahan nafas dan bibir kering karena kebanyakan bengong. Saya besar dengan film bergenre robot-robot jepang, ketika kemudian menemuka film bergenre seperti itu tapi dengan transformasi perubahan yang sangat detil bisa membuat saya takjub! Kemudian di film ke dua kembali mengalami hal yang sama, hanya saja euforianya tidak sedahsyat yang pertama. Makanya saya sangat antusias menanti film ini tayang resmi di Indonesia. Dan bagaimana dengan yang ketiga? Well, ini pendapat saya.

Pertarungan Autobot dan Decepticon kembali dimulai, kali ini melibatkan salah satu pejuang Cybertron yang semasa perang dulu berhasil melarikan diri tapi kemudian terdampar di bulan, Sentinel Prime. Robot senior ini memegang kunci penting bagi invasi Decepticon ke bumi karena selain Sentinel memiliki 5 pilar bridge universe, dia juga lah satu-satunya yang bisa mengendalikan pilar itu.

Optimus Prime yang memimpin Autobot di bumi gembira, ketika mengetahui Sentinel ditemukan di bulan. Dengan kekuatan Matrix leader autobot, dia menghidupkan kembali Sentinel. Hanya saja Sentinel ternyata tidak seperti yang diharapkan. Tiba-tiba keserakahan menghinggapi Sentinel sehingga dia justru berbalik beraliansi dengan Megatron, pemimpin Decepticon.

Disamping perserteruan para robot itu, Sam Witwicky, pemilik Bumblebee, juga mengalami perseteruan pribadi dengan Dylan, bos Carly, pacar baru Sam. Sam cemburu karena Dylan unggul dari aspek manapun. Secara tidak sengaja dia mengetahui rahasia NASA tentang Dark of the Moon makanya dia berusaha menghubungi Autobot dan Lennox. Karena rahasia itu jugalah Sam pun kembali terseret kedalam pusaran perang universe itu.

Film berdurasi 2 jam 30 menit ini terasa sangat boring di setengah film pertama. Entah kenapa berulang kali saya menguap dan sudah hampir memejamkan mata. Penjelasan-penjelasan yang dipaparkan di film terasa begitu panjang dan berbelit-belit. Kalaupu tujuannya ingin detil, saya pastikan Michael Bay gagal total. Beberapa adegan yang dikaitkan dengan histori Amerika juga menurutku ga penting banget, terutama menampilkan tokoh-tokoh KW, meski sosok cameo Buzz, teman Neil Amstrong beneran hadir dan bersalaman dengan Autobot. Joking yang dihadirkan juga kebanyakan garing.

Kehadiran Rosie Huntington juga ga lebih bagus dari Megan Fox. Bahkan menurutku lebih menarik Megan di dua film sebelumnya. Yang cukup surprise adalah Patrick Dempsey, actor yang selalu berperan sebagai sosok prince charming dan baik hati. Di sini justru tampil antagonis. Shia Le Bouf? Yah seperti biasalah, xoxo, demikian pula Josh Duhamel.



Hal-hal yang menarik dalam film ini adalah Battle Robotnya di satu jam terakhir. Saya mulai semangat menonton dan menikmati adegan robot-robot itu berjumpalitan , kejar-kejaran dan saling menyerang. Dahsyat! Termasuk kehadiran bumblebee yang porsinya makin banyak. Yay! Optimus Prime Keren banget! Meski ada juga robot yang berakhir tragis. Hiks! Menurutku action robotnya kali ini lebih nyaman di mata dibandingkan part 2 nya, yang justru terlalu close up dan bikin pusing mata. Sekali lagi actionnya jempol.





Aturan Michael Bay sadar bahwa, orang menonton Transformer itu dari sisi action robotnya aja, bukan hal lain. Jadi mending perkuat di sisi itu aja, ga usah sok buat cerita yang kuat tapi jatuhnya bikin ngeselin.

Well, konon cerita in masih akan berlanjut di seri ke 4, tapi tidak akan ditangani lagi oleh Michael Bay, tapi langsung sang maestro Spielberg. Kita tunggu saja apa benar itu akan terjadi. Semoga bisa lebih bagus, cos I heart Autobot!

4 komentar:

miwwa mengatakan...

Eh, pilar universe bridge nya bukannya ada ratusan, tapi udah diambil decepticon duluan. Yang ditinggal di space ship Sentinel yang lima, makanya Sentinel mau bergabung dengan Decepticon..

Kacamata mengatakan...

Iya bener, di Review kan saya bilang Sentinel memiliki 5 Pilar, dan kontrol pilar itu hanya bisa dilakukan oleh Sentinel :D

MrDomDom mengatakan...

kabarnya, shia gak main lagi di transformers 4 digantiin sama jason statham. hmmm, menurutku shia dah cocok. klo jason yang main sih, "bukannya robot yg lindungi manusia tapi manusia yg lindungin robot". wkwkwkk.

Kacamata mengatakan...

Haaa? Jason Statham? Ga salah tuh?
Yang gw dengar, Michael Bay belum positif akan menangani seri TF lagi. Karena Spielberg mau turun tangan langsung. Well kita liat saja nanti ^^