Minggu, 08 April 2012

A Separation / Jodái-e Náder az Simin (2011)

Genre : Drama
Score : 4/5

Film ini menjadi target wajib nonton sejak terpilih menjadi film bahasa asing terbaik di ajang festival film international skala besar, salah satunya Oscar dan Golden Globe 2012. Dan berkat kebaikan Yana (http://ayanapunya.multiply.com), yang mau mengirimkan film ini, saya akhirnya bisa nonton! Yay!!!

Pernikahan Nader dan Simin di ambang kehancuran. Perbedaan pendapat dan keinginan membuat mereka ingin bercerai. Tapi ternyata keputusan itu tidak menyelesaikan masalah, malah itulah awal masalah besar yang akan dihadapi keluarga mereka. Bahkan akhirnya mereka terseret ke dalam pusaran konflik yang cukup rumit di negara Iran.

Pembantu rumah tangga yang disewa Nader, Razieh, adalah orang yang ikut terlibat dalam konflik ini. Keguguran janin yang dialami Razieh, menyeret Nader sebagai tersangka pembunuhan janin.





Film ini sangat gamblang dan jujur menampilkan masalah demi masalah yang banyak dialami oleh orang banyak. Tidak heran kalo kita bisa ikut larut dalam ceritanya. Terombang ambing dengan pengembangan karakter dari cerita dan fakta yang disajikan dalam film.

Film ini sangat sederhana, tapi dengan penyajian yang menarik dan terasa real, ceritanya jadi asik untuk diikuti. Ciri khas film-film Iran banget. Mungkin banyak yang merasa aneh dan kentang dengan endingnya, tapi kalo menurut saya, itulah ending yang terbaik untuk kisah ini. Sebuah keputusan yang terlihat simple dan biasa justru bisa menjadi awal dari masalah besar dan melibatkan banyak orang.

Akting semua pemainnya bagus. Mereka bermain natural dan meyakinkan. Membuat kita bingung akan berpihak pada siapa. Bahkan pemain-pemain ciliknya juga oke!



Pokoknya bagus untuk dijadikan pelajaran buat kita semua. Ga heran kalau film ini sukses di berbagai festival film Internasional. Buat kalian yang suka drama keluarga, film ini cocok untuk kalian.


Tidak ada komentar: