Senin, 02 November 2009

9 – Another story about Future


Tim Burton bukan nama baru dalam dunia perfilman. Beberapa karyanya sukses dan booming. Alasan ini pula yang membuat saya mau memilih menonton film 9, meski jujur hamper dikatakan saya ga pernah baca ulasan tentang film ini secara detil. Cuma sekali, itupun lewat forum Kaskus.
9 adalah boneka karung goni yang dibuat terakhir oleh sang ilmuwan penemu “the Brain”, alat canggih yang kemudian menjadi pemusnah perdaban manusia. Alat itu disalahgunakan oleh para pecinta perang. Hingga kemudian menjadi berbalik menghancurkan kehidupan di Bumi. Ketika manusia punah, 9 “bangkit”. Bingung dengan kesendirian dan lingkungan, dia bertemu dengan 2. Sayangnya 2 berhasil ditangkap oleh the Beast. 9 kemudian ditolong oleh 5 dan dibawa kelingkungan boneka karung goni, dimana 1 menjadi leader yang picik.
9 berhasil menjadi penyemangat boneka karung goni untuk melawan dan merubah keadaan. Apalagi mereka bertemu 7, ksatria yang berani dan tangguh. Bersama-sama mereka mencoba menghancurkan The Brain, yang secara tidak sengaja dibangunkan oleh 9.
Film animasi ini memberikan sentuhan berbeda dengan konsep yang unik. Alur ceritanya cepat dan kurang dialog, tapi jauh masih banyak dibandingkan dengan Wall-E. Adegannya berhasil membuatku melotot dan menahan nafas. Meski cepat, jalan ceritanya jelas dan lugas. Bagaimana kesembilan boneka karung goni itu tercipta dan apa maksud 3 symbol yang ada pada tombol penghidup The Brain, terjelaskan detil di akhir-akhir cerita.
Ada dialog yang menurutku sangat meaningful antara 7 dan 9. Isinya kurang lebih :
7 : Sekarang apa yang akan kita lakukan dengan Bumi?
9 : This is ours… jadi terserah kita mau dibawa kemana.
Betul! Bumi ini mau kemana terserah kita. Kalo mau dibawa rusak atau benar tergantung manusianya!
Pokoknya film ini layak di jejalkan di daftar nonton anda di urutan atas… So far saya nikmati banget!


Tidak ada komentar: