Selasa, 30 Maret 2010

An Education - Film romantis berakhir nanggung

Genre : Drama
Score : 3 of 5 stars

Judul filmnya saya tau dari daftar nominasi Best picture di Academy Award 2010. Ditambah, nominasi aktris utama menyisipkan nama Carey Mulligan sebagai salah satu nominatornya. Meski keduanya tidak ada yang menang, tidak juga menyurutkan niat saya untuk menonton film ini.

And here i am, ready to review this movie...

Jenny, wanita muda yang cerdas dan cantik. Mengisi kehidupannya dengan kegiatan-kegiatan yang monoton dan membosankan. Seketika semuanya berubah ketika bertemu dengan David, pria dewasa, perhatian dan charming. Jenny merasakan pengalaman berbeda ketika masuk dalam dunia David.

Glamour dan having fun adalah menu mereka sehari-hari. Jenny menyadari perbedaan usia yang mencolok akan menjadi kontroversial di lingkungannya. Teman sekolah, guru, bahkan orang tua. Sebagian besar menentang dan menyarankan Jenny untuk menjauh dan melupakan David. Tapi Jenny sedang "buta". Matanya tertutup dengan kesenangan dan keindahan petualangan yang ditawarkan kelompok David.

Untungnya David adalah laki-laki berkepribadian menyenangkan. Bisa merebut hati orang tua Jenny dengan cepat. Sehingga restu pun di tangan. Jenny yang semakin terbuai dengan gelora asmara dan gejolak mudanya, akhirnya berkeputusan meninggalkan sekolah dan cita-cita yang telah disusun selama ini. Jenny tidak menyadari bahwa di usia seperti ini, masih banyak yang bisa dikejar selain mengikuti hawa nafsu yang membara.

Entah kenapa film ini sangat romantis di mata saya. Kekuatan dialog dan setting lokasinya juga sangat mendukung. Ditambah lagi aksen british (cmiiw) yang sangat kental. I love it...



Sayangnya cerita David dan Jenny terkesan tanggung. Tidak ada penyelesaian yang jelas. Saya melihat ada part kosong setelah "penemuan" Jenny di mobil David. Meski diakhir cerita ada solusi yang baik buat Jenny.

Tapi sekali lagi, film ini dibangun sangat baik dengan menggambarkan jalinan kisah percintaan Jenny dan David. Makanya agak gregetan juga melihat endingnya seperti itu. I want more! Makanya bintangnya cuma 3.

Dua pemain utamanya sangat pas!



Mereka memainkan karakternya sangat oke. Kedewasaan David dengan dilema dalam dirinya sangat tergambar dari Peter. Sementara kenaifan dan kecantikan Jenny, sangat terwakili oleh sosok Carey. PASSS!


Tidak ada komentar: