Jumat, 26 Maret 2010

The Invention of Lying - Komedi Ironis! I love it!

Genre : Comedy
Score : 4 of 5 stars

Sangat menyenangkan menonton sebuah film yang ide ceritanya pernah ada dalam angan-angan imajinasi kita, dan kemudian dipaparkan dengan baik dengan dialog dan ekspresi yang pas.

The Invention of Lying menceritakan tentang dunia yang sama sekali tidak mengenal kebohongan. Semua orang berkata jujur dan tanpa basi-basi. Semua kalimat orang-orang dalam film ini terlihat kasar, sadis dan jahat. Tapi disitulah letak lucunya di mataku.

Misalnya, ketika Anna kencan pertama kali dengan Mark, semua kata jujur terlontarkan sejak pertama kali pintu dibuka.

"Saya kecewa punya teman kencan sepertimu!"

Jangan khawatir itu bukan yang terjujur yang akan kamu dengar! Masih banyak lagi bahasa-bahasa jujur yang akan membuatmu tergelak. Tertawa besar. Bahasa yang mungkin jarang kita dengar tapi seharusnya terlontarkan jujur. Bahkan seorang pelayan restoran berani berkata apa adanya ketika menilai Mark dan Anna tidak pantas berdampingan... *LOL*

Iklan TV, Sekretaris Mark, semua! Bahkan Ketika Dokter harus berkata jujur dan bagi kita kasar ketika menjudge pasien akan meninggal sebentar lagi.

Oke kembali ke cerita!

Mark menjadi seorang pecundang yang tersingkir dari persaingan kantornya. Dia pecat dan kemudian terancam menjadi gembel ketika pemilik apartemen mengusirnya dari t4 tinggalnya sekarang. Tiba-tiba ide berbohong itu muncul dikepalanya ketika sedang berada di sebuah bank. Dia berbohong agar bisa mengambil uang lebih banyak dari tabungannya karena sangat butuh uang.

Dan saat itulah dia mengerti bohong bisa membuatnya hidup lebih baik. Bayangkan di saat satu dunia tidak mengenal dan mengerti bohong, dia bisa berkata seenaknya dan tentunya dipercaya orang lain. Tapi bohong itu tidak selamanya jahat kan? Ketika ibunya sekarat, dan dokter mengatakan akan meninggal malam itu juga langsung dihadapan ibunya, ibunya jadi tidak tenang karena menurutnya mati itu tidak menyenangkan. Mark kemudian berbohong dan mengatakan hal yang indah-indah tentang kematian. Ibunya pun meninggal dengan senyum damai.

Pernyataan tentang kematian itulah yang menghebohkan dunia. Mark dianggap punya kekuatan, karena mengetahui apa yang terjadi setelah mati. Dia pun membuat 10 statements tentang kematian. Statement yang kemudian heboh dan mengantarnya menjadi orang paling popular di dunia.

Mark sukses dan kaya. Tapi kekayaannya itu tidak juga mampu membuatnya hidu bahagia, karena dia masih belum bisa mendapatkan Anna. Wanita yang dicintainya. Wanita cantik tapi terlihat naif dan lugu karena selalu melontarkan kalimat jujur tapi terdengar pedar (baca : lucu)

Menurutku ini cerita komedi ironis. Karena sangat berkebalikan dengan dunia luar. Dunia penuh dengan kebohongan. Justru orang jujur sangatlah langka. Makanya sangat terpana dengan semua dialog yang ada di dalam film ini.

Seperti ketika Mark masuk ke pusat perjudian, dia disambut dengan kalimat
"Beberapa mesin kami sudah di set loh!"

Atau rumah panti jompo diberi nama
A sad place for hopeless old people

dan motel diberi tag line
A cheap Motel for intercourse with a near stranger

Hahaha verry funny!

Jangan malu-malu tertawa. Dan mungkin saja kita mentertawai diri sendiri!!!!

Tidak ada komentar: