Kamis, 25 Maret 2010

The Informant! - Kebohongan akan melahirkan kebohongan baru!

Genre : Drama + Comedy
Score : 3 of 5 Stars

Film ini muncul dalam listku setelah Matt Damon mencuri nominasi Lead Actor dalam Golden Globe Award 2010 untuk kategori Musical or Comedy. Meski ga menang, kalah dari Robert Downey Jr. (Sherlock Holmes), film nya tetap masuk target hunting dan syukurnya ketemu :D

Mark Whitacre, seorang CEO perusahaan besar, ADM, yang kemudian terseret kasus pelik, tapi lucu bagi kita, orang awam, dan kemudian berakhir surprise. Bermula dari kekhawatiran yang menunjukkan loyalitasnya kepada perusahaan tempat dia bernaung, dan juga karena melihat angka penghasilan yang setiap bulan mengalami penurunan drastis, Mark menciptakan sebuah kebohongan yang terdengar serius bagi pemegang saham dan ditanggapi serius.

Para stakeholder itu justru melibatkan government dalam hal ini FBI, untuk membantu menyelidiki kasus yang diciptakan Mark. Sebuah kebohongan akan melahirkan kebohongan baru. Itulah yang dialami Mark. Terjebak dengan permainannya sendiri, hingga Mark pun kemudian larut dalam semua kebohongan demi kebohongan yang dia ciptakan sendiri.

Permainan yang bisa menipu banyak pihak. FBI, pengacara dan semua yang terlibat di dalamnya. Kasus ini semakin berkembang karena mereka tidak mengerti data mana yang harus bisa dipegang. "Hebat"nya lagi Mark juga jago membuat skenario. Termasuk melibatkan pers dan membohongi publik isteri dan keluarga.

Meski kemudian akhirnya ketahuan juga "sedikit"... Sepandai-pandai tupai melompat akhirnya akan jatuh juga bukan. Nah, Mark pun "tertangkap" dan kemudian "mengakui" kesalahannya.

Ini kisah nyata. Kisah yang bisa membuat kita tertawa meledek dengan kebodohan pihak yang berhasil ditipu. Tertawa melihat mereka bengong karena kaget dengan fakta yang sebenarnya terjadi.

Cerita yang lucu tapi sepertinya banyak terjadi di kalangan-kalangan atas. Kebohongan yang mungkin sengaja diciptakan untuk mengamankan posisi mereka sendiri.

Yang lebih surprise adalah perawakan Matt Damon dalam film ini jauh dari sosok biasanya yang kita kenal, apalagi bagi mereka yang terbiasa dan suka dengan dia dalam kisah Bourne. He's totally different here! Badan lebih gemuk jauh dari kata padat berotot. Konon dia harus menambah berat 30 Pounds untuk memenuhi karakter Mark sesungguhnya.



Hidungnya juga dipermak habis (perhatikan gbr di bawah ya). Dan diakhir cerita dia harus tampil sebagai pria botak. Sebuah metamorfosis yang bagus...



Tidak ada komentar: