Selasa, 08 Mei 2012

The Avengers (2012)


Genre : Fantasy + Science Fiction
Score : 4/5

Film ini sudah dipromosikan secara besar-besaran oleh Marvels sang pemilik franchise jauh sebelum filmnya sendiri dibuat. Dimulai dari pembuatan film mereka satu persatu dan secara jeli menempatkan teaser-teaser yang berdurasi kurang dari 1 menit di akhir filmnya, setelah credit title, tentang pembentukan The Avengers.

***

Nick Fury, sang director S.H.I.E.L.D, bisa merasakan dan melihat akan adanya ancaman dengan kekuatan dahsyat yang datang dari tempat yang tidak bisa diduga sebelumnya. Oleh karena itu, secara diam-diam dia membentuk sebuah project besar, mengumpulkan semua super human yang diharapkan bisa melindungi dunia dari ancaman jahat tadi.

Salah satu ancaman datang dari Loki, 'saudara' Thor yang datang ke Bumi berkat tuntunan batu tesseract. Batu yang memiliki kekuatan dahsyat yang tiada batas. Batu ini bisa mewujudkan impian Loki untuk meraih kekuasaan yang selalu diimpikannya.

Para super Human yang masuk dalam project The Avengers pada awalnya bertentangan satu sama lain. Akan tetapi mereka pun kemudian bahu membahu menuntaskan penyerangan mahluk jahat itu dari muka bumi.

***

The Avengers masuk dalam daftar film 'must see 2012' saya sejak filmnya diumumkan resmi tayang di summer 2012. Film yang digadang-gadang akan meraup keuntungan terbesar untuk Marvel studio. Well, sejauh ini sih, film The Avengers sudah memperlihatkan hal itu. Pun di bioskop-bioskop besar di Jakarta sudah memperlihatkan gejala itu.

Kekhawatiran menyaksikan kumpulan para jagoan kumpul dalam satu scene akan menjadi boomerang atau blunder ternyata tidak ada sama sekali. Semua para jagoan ini mampu tampil sesuai porsinya masing-masing. Meski kemudian buat saya, wujud Hulk paling catchy dan memorable di antara mereka. Sekali lagi saya tekankan, Mark Rufallo cocok jadi Hulk. Suaranya yang khas mampu memperlihatkan dia adalah orang yang sudah terlatih menahan emosi dan amarah. Penampilannya sebagai Hulk selalu sukses mengundang tawa. Beberapa dialog juga lucu. Sindiran-sindiran dari setiap karakter punya ciri khas masing-masing.

Banyak yang bilang, film ini masuk kategori lack of story. Tapi kalau menurutku Marvel sudah berusaha memperlihatkan sebuah cerita yang logis. Perkelahian dan perdebatan antara para jagoan yang biasa tampil tiada tanding adalah salah satunya. Kalaupun kemudian ceritanya tidak dalam dan tergali, Well, ini film live action dari beberapa comic super hero kan? Jadi saya pribadi tidak mempersoalkan hal itu. Saya masuk dan menonton film di bioskop, karena ingin melihat mereka bersatu, berjuang menumpas kejahatan.  Dan bisa di bilang film ini sukses besar menampilkan hal itu. 



Dan yang saya suka adalah ketika pertarungan akhir para jagoan ini ditampilkan. Marvel secara cerdik memperlihatkan para jagoannya sambung menyambung dalam berjuang tanpa ada jeda sama sekali, sehingga bisa keliatan peran mereka sama-sama besarnya tanpa ada yang menonjol., atau terlihat dominan. Adegan memorable adalah ketika para The Avengers berkumpul melingkar menanti serangan dari dimensi lain. Merinding disco!!!



Well, kalo di suruh milih, saya akan menjadi Team Hulk! SUPER DUPER KEREN!!! Baru kemudian Iron Man, yang tentunya berhasil buat saya ngeces-ngeces liat teknologinya yang semakin canggih.



Oia, satu lagi. Bagi yang belum menyaksikan film THOR, ada baiknya kamu nonton film ini dulu deh. Karena film ini menjelaskan tentang Loki, Asgard dan batu tesseract. Dan bisa dibilang film ini adalah sequel dari Thor.

So far, film ini saya rekomendasiin buat orang-orang yang suka film-film fantasy dan super hero. Suka film action yang sarat dengan teknologi visual CGI.

Last but not the least, ada teaser tentang musuh baru yang bakal dihadap para Avenger nantinya, di akhir film (darn... saya melewatkan karena kebelet pipis). Sebuah Musuh yang sangat 'gila', Tronos, yang konon memaksa Marvel memasukkan para jagoan Marvel lain seperti, Fantastic Four, SpiderMan dan the X-Man... *berteriak histeriskek fans Suju liat boyband idola mereka* Semoga mereka ga jadi boyband atau ngumpul-ngumpul arisan yang gajebo, di The Avengers 2 nanti.



CAN HARDLY WAITTTTTTTTT!!!

Tidak ada komentar: