Kamis, 31 Mei 2012

The Artist (2011)


Genre : Classic
Score : 4/5

George Valentin (Jean Dujardin) adalah artis yang sangat terkenal. Film-film bisunya sangat digemari masyarakat, tak heran dia selalu bisa menempatkan karya-karyanya sebagai film terlaris. Pertemuannya dengan Peppy Miller (Bérénice Bejo) tidak sengaja. Pertemuan yang tertangkap oleh lensa kamera wartawan sehingga pastinya menjadi headline koran.

Peppy adalah fans sejati Valentin. Kecintaannya terhadap idolanya itu sangatlah besar. Saking besarnya dia ingin mengikuti jejak Valentin, terjun ke dunia showbiz. Tujuannya agar bisa selalu dekat dengan sang pujaan. Karirnya yang dimulai dri bawah pun perlahan naik sampai ke atas. Bahkan karena Peppy pulalah, sang Produser melihat bakat yang ada dalam diri Peppy, kemudian berencana membuat terobosan untuk membuta film 'masa depan' yang tidak hanya menampilkan gambar tapi juga menyertakan suara.


Valentin melihat itu sebagai guyonan saja. "I'm not a puppet, i am an actor!" Penolakan terhadaap terobosan itu membuatnya terpuruk, dan kemudian terabaikan dari dunia showbiz yang pernah membesarkan namanya.

***

Sangatlah pantas Film ini merajai oscar di awal tahun 2012. Penggarapannya yang unik dan menarik sungguh terasa sangat segar di mata. Ini adalah film bisu yang sama sekali tidak melibatkan dialog di dalamnya (Para penterjemah di Indonesia pasti sangat senang akan hal itu).



Dan karena tidak adanya dialog, tentunya sangat membutuhkan kekuatan akting para pemainnya, agar pesan cerita sampai ke penonton. Dan syukurnya lagi pemainnya sangat mampu menampilkan itu semua. Penampilan Jean Dujardin sebagai 'orang dulu' itu terasa sangat pas. Benar-benar seperti melihat aktor jadul. Hahaha... Wajar diganjar Oscar!



Settingannya juga jempolan. Semuanya oke. Belum lagi musiknya yang grande dan terkesan klasiknya. Pokoknya keren!

Overall, gw suka, dan gw setuju film ini sukses di Golden Globe dan Academy Award.

Tidak ada komentar: