Kamis, 17 November 2011

The Adventures of Tintin (2011)

Genre : Animation, Adventure
Score : 4/5

Pilihan minggu ini jatuh pada Tintin, Salah satu tokoh komik yang menemaniku di masa kecil. Meski membaca komiknya tidak sesering membaca donald bebek, tapak sakti atau tokoh kartun lainnya, tapi Tintin tetap membekas di kepala. Tidak hanya sosoknya yang cerdas dengan rasa ingin tahunya yang teringat, tapi juga perawakannya yang cungkring dengan gaya rambut yang sempat hits di awal era millenium.

Tintin, wartawan muda yang terkenal karena berhasil memecahkan beberapa kasus misteri dihadapkan dengan satu puzzle yang secara tidak sengaja menyeret dia ke dalam pusaran kasus itu. Perselisihan tentang kepemilikan miniatur kapal unicorn yang dibeli Tintin di pasar loak menjadi awal keterlibatannya dalam kasus ini.


Miniatur kapal itu ternyata menyimpan rahasia tentang keberadaan harta karun yang pernah diangkut kapal Unicorn sesungguhnya di bawah kepemimpinan Sir Francis Haddock. Tidak heran Sakharine bernafsu mengejar semua petunjuk itu. Tapi bukan Tintin namanya kalo hanya pasrah dan tinggal diam. Bersama Snowy, anjing putih kesayangannya dan Captain Haddock, keturunan terakhir Haddock yang ditemukan di tengah perjalanan di atas kapal Haddock sendiri, mereka berjuang menuntaskan semua misteri ini sampai tuntas.

Konon, ada tiga komik yang digabungkan untuk membuat satu film Tintin ini. Crab with Golden Claws, Secrets of the Unicorn dan Red Racham Treasure. Entah saya ga tau pasti, karena saya sendiri lupa pernah membaca cerita film ini di komiknya x__x


Tampilan animasinya soooo smooth! Jauh lebih halus dan detil dari Beouwolf, film animasi sebelumnya yang berformat sama. 3Dnya sih menurutku biasa saja, meski unsur depth nya ada tapi ga terlalu wah.

Ceritanya keren! Aksinya mantab dengan petualangan yang seru. Komik Tintin banget! Unsur komedi yang pas dan selalu berhasil bikin geli. Interpol Thompson and Thomson, Snowy sampai tingkah Captain Haddock yang konyol dan bikin gregetan berhasil membuat kita tertawa lepas. Ga sampai tertawa terpingkal-pingkal, tapi memang komiknya juga begitu kan?!

Selipan dramanya juga oke. Family story dari Haddock menurutku pas dan tidak berlebihan. Sebagai selipan tapi tetap bisa memberikan poin plus dari keseluruhan cerita.

Pengisi suaranya juga mantab, seperti bayangan kita sebelumnya, meski aksen british masih sering terdengar, padahal Tintin ini kan dari Belgia?! Ahh entahlah, saya juga ga begitu pasti soal aksen english hehehe... Oia, angkat topi lagi buat Andy Serkis, dia bener-bener aktor serba bisa ya, meski jarang "tampil" depan layar! Kamu Batuuuuuu!!!

Spielberg... U're back! Setelah Super 8 dan Real Steel, now u bring Tintin for us!!! Thank sir!!! Ditunggu karya-karya selanjutnya.

Overall, kerennnn... mungkin agak berat kalo mengajak anak di bawah umur, mengingat petualangan Tintin tidak ringan dan cukup panjang ceritanya.

Tidak ada komentar: