Jumat, 04 November 2011

Johnny Engish Reborn (2011)


Genre : Comedy
Score : 2/5

Saya asli lupa sequel pertamanya. Sudah lama banget (2003) dan jujur saya ga terlalu suka. Makanya saya ga ngerti apakah Reborn ini lanjutan kisahnya atau memilih punya kisah baru? Well, whatever it is, ceritanya begini :

Sir Johnny English (Rowan Atkinson) menghilang sekian lama untuk menenangkan diri setelah peristiwa memalukan pada kasus sebelumnya. Johnny pergi ke Tibet untuk bertapa dan menentramkan hati dan pikiran. Di Tibet sana JE mempelajari banyak hal tidak cuma mengolah hati dan pikiran tapi juga fisik, tentunya dengan cara yang "aneh".

Begitu siap kembali, JE pun bergabung dengan M17 untuk mengemban tugas baru mengamankan Perdana Menteri China yang berencana bernegosiasi dengan pemerintahan Inggris. Dan jika negosiasi ini batal, bisa menyebabkan kekacauan dunia.


***

Entah kenapa saya tidak pernah puas dengan tampilan Rowan dalam layar lebar. Bisa jadi karakternya sebagai Mr. Bean sangat kuat terpateri di benak, sehingga apapun yang dilakukan selalu dihubung-hubungkan dengan Mr. Bean. Mulai dari cara dia berjalan, senyum, naikin alis atau bahkan gerakan tangannya, selalu dikait-kaitkan dengan Tuan kacang itu.

Film ini katanya dari segi persiapan jauh lebih baik dari film JE sebelumnya. Ceritanya lebih dalam dengan kualitas pemainnya lebih matang. Tapi sayangnya saya tetap tidak bisa menikmati secara keseluruhan sebagai sebuah film parodi yang harusnya menawarkan banyak adegan lucu. Judulnya  masih tidak memuaskan.

Saya menemukan moment  awkward di bioskop, ketika Rowan akting dengan gaya (seharusnya) kocak, yang tentunya khas Mr. Bean banget, satu bioskop tertawa ngakak bahkan ada yang sampai mukul-mukul kursi, tapi saya ga ketawa sama sekali  -___-" Jadi serasa aneh sendiri.

Menurutku komedinya tipikal dan biasa banget. Yah terutama untuk orang-orang yang biasa melihat tingkah laku Rowan di tipi. Padahal jualan utama di film ini adalah komedi.

Saya juga ga berekspektasi tinggi soal gagdget yang digunakan JE, tapi paling tidak parodi gadget juga harus diperhatikan dong. Satu-satunya yang berhasil bikin saya ketawa adalah soal lipstik. Peralatan yang disiapkan untuk M17 (Gilian Anderson), tapi karena kesalahan teknis, JE-lah yang harus memakainya. Hehehe


Rowan Atkinson dalam film ini terlihat tampil lebih mature dan gagah menurutku. Yah... usia 56thn nya memang tidak bisa ditutupi, tapi itu justru membuat dia lebih pas memerankan sosok agen rahasia dalam arti sebenarnya. Pengen juga melihat Rowan bermain serius tanpa menampilkan mimik lucu dan konyol itu. Yahh... ga usah jadi pemain utama kalo memang susah, jadi partner agen 007 aja juga gpp kali ya :D


Oia, perjalanan rohani JE di Tibet itu mengingatkan saya dengan kisah Batman.


Overall, saya memang ga tertawa ngakak, tapi senyum atau ketawa-ketawa kecil pasti adalah, Mr. Bean gituloh. hehehe


Tidak ada komentar: