Senin, 18 Januari 2010

Invictus – It’s all about Mandela

Genre : Drama
Score : 3.5 0f 5 stars

Film Invictus termasuk penyumbang nominator di kategori penting dalam ajang Golden Globe Award tahun ini. Alasan itulah membuat saya rela meluangkan waktu untuk menontonnya.

Cerita tentang kisah nyata seorang pemimpin Negara berkulit hitam yang sangat fenomenal di Africa Selatan. Kepemimpinan yang humble dan revolusioner!

Setelah Mandela (Morgan Freeman) terpilih menjadi presiden ada banyak hal yang harus dilakukannya dalam pembenahan Negara termasuk memulihkan kepercayaan rakyat terhadap gaya kepemimpinannya. Secara jeli Mandela justru melakukan manuver yang banyak ditentang oleh tim nya sendiri.

Mandela, ingin mempertahankan tim Rugby Afsel, dan memperjuangkannya agar bisa menjadi tim yang tangguh. Targetnya merubah sudut pandang dunia terhadap Afsel.

Dorongan moril secara langsung diberikan kepada Tim Rugby yang sudah dicerca habis oleh masyarakat Afsel. Dorongan yang sangat dihargai oleh Francois (Mat Damon) dan kawan-kawan. Asli merinding ketika mereka bertanding di stadion dalam posisi terjepit. Dukungan yang besar memacu motivasi untuk terus berjuang… Senang nonton film kek gini yang hawa motivasi dan semangatnya bisa terasa banget!

Ada banyak poin yang bisa di dapat dari film ini. Terutama bila kita merefleksikannya ke kondisi Negara kita. Saya berharap SBY dan pemerintahan kita mau menonton film ini. Bagaimana Mandela bisa mengubah sudut pandang dunia terhadap negaranya. Bagaimana Mandela mendukung timnya sedemikian rupa sehingga menjadi doping tersendiri buat tim.

Juga PSSI mau belajar dari tim rugby Afsel. Jadinya ga cengeng selalu menyalahkan kondisi. Selalu menuntut dukungan dari pihak luar tapi dukungan dari diri sendiri belum ada.

Morgan Freeman keren banget memerankan sosok Nelson Mandela. Mulai dari ekspresi sampe intonasi sangat meyakinkan. Meski kabar terakhir, Morgan ga berhasil menang di Golden Globe Award 2010.


Tidak ada komentar: