Selasa, 19 Januari 2010

MU LAN - Kisah seorang Jenderal Wanita

Genre : Action + Drama
Score : 3,5 of 5 stars

Ini bukan tentang Mulan Jamilah, yang mengklain diri sendiri sebagai mahluk paling sexy di dunia. Bukan!

Mulan di sini adalah Mu Lan sang legenda di daratan China. Kisah hidupnya menjadi inspirasi banyak orang. Tidak heran pula, kisahnya kemudian diangkat ke dalam layar lebar berbagai versi. Menurut Tante Wikipedia tercatat tidak kurang dari 9 film, termasuk versi animasinya Disney!

Dan ini adalah film terbaru yang kembali mengangkat kisah Mu Lan. Salah satu pilihan film yang menemaniku di kereta, perjalanan rumah - kantor - rumah :D

Do i have to tell u again about Mu Lan's story here?

Oke... buat kalian yang belum pernah menonton atau mendengar ceritanya, begini :

Ketika negeri China sedang dilanda peperangan, keluarlah Fatwa Wamil bagi semua kaum lelaki yang ada, termasuk Ayah Mu Lan. Karena ayahnya sakit-sakitan, Mu Lan (Vicky Zhou) pun berinisiatif menggantikan peran ayahnya di medan perang, dengan menyamar sebagai pria.



Meski bergender wanita, Mu Lan sangatlah berani. Dan keberanian Mu Lan pun menuai hasil. Dia diangkat menjadi jenderal mendampingi Wen Tai, pangeran kerajaan dalam memimpin pasukan peperangan. Bersama Wen Tai, Mu Lan terus bergerak menyerang.

Mu Lan tidak hanya kuat dan berani, tapi juga cerdas. Terbukti beberapa strategi perang yang diterapkan selalu berhasil kemenangan, meski lawan memiliki jumlah pasukan yang lebih banyak.

Hingga kemudian peristiwa naas pun menimpa Mu Lan dan pasukan perangnya.

Film kolosal seperti ini, memang selalu menarik untuk ditonton. Mungkin karena saya dibesarkan dengan film-film lokal kolosal bergaya Brama Kumbara atau Arya Kamandanu :P

Menariknya lagi, film ini sebenarnya tidak terlalu menjual sisi peperangan. Tapi sisi humanis seorang wanita yang terpaksa terjebak di medan laga. Yang tidak mengenal kata perasaan. Membunuh adalah hal biasa. Menyaksikan mayat lebih biasa lagi.

Setangguh-tangguhnya Mu Lan, sisi wanitanya juga keluar ketika berhadapan dengan Wen Tai. Percintaan yang tidak biasa tapi tetap mengena. Saya suka. Endingnya apalagi.

Tidak ada komentar: