Selasa, 16 Februari 2010

Coraline - Bagus buat orangtua!

Genre : Animasi
Score : 4 of 5 stars

Menemukan judul film ini di salah satu daftar nominasi film animasi terbaik versi golden globe award 2010 dan Academy Award 2010 kemaren. Agak sedikit kewalahan mencari DVDnya, karena tidak sepopular UP dan Cloudy With a chance of meat balls.

Coraline, gadis kecil, pemberani, ceria dan punya imajinasi magic yang besar. Dia selalu menganggap dirinya sebagai penyihir air. Coraline terpaksa berpisah dengan teman-teman karena harus ikut dengan orangtuanya yang pindah ke pink Palace, tempat aneh dan sepi.

Di tempat barunya itulah dia bertemu dengan orang-orang "aneh" seperti Wyborne, Spink, Mr. B termasuk kucing Hitam. Keadaan itu membuatnya semakin kesepian, karena sebelumnya orang tuanya selalu sibuk dengan kegiatannya sendiri, tanpa pernah mau mendengarkan apa yang diinginkan Coraline.

Hingga suatu hari Coraline menemukan pintu kecil di ruang keluarga. Ketika dibuka, ternyata tidak ada ruangan di balik pintu karena sudah ditutup dengan bata. Tapi ketika malam datang, seekor tikus datang "mengundang" Coraline masuk ke dalam pintu yang tiba-tiba ada gorong-gorong panjang di baliknya.



Jiwa petualang Coraline membawanya masuk dan menemukan kehidupan lain di dalamnya.Sebuah kehidupan yang berbeda 180 derajat dengan kehidupan yang sebenarnya. Jika di dunia real orang tuanya mengabaikan keberadaan Coraline, sebaliknya di tempat baru ini, Orangtua "lain" Coraline justru sangat memperhatikannya. Mereka hangat dan care.

Tapi, ada sesuatu yang harus dipertaruhkan dengan tawaran keindahan itu. Jiwa Coraline. Yah, Coraline harus mau hidup ala mereka dengan mata kancing jika ingin tinggal dengan semua kenikmatan yang dirasakan itu. Untungnya Coraline bukanlah anak yang bodoh.

Penolakan itu membuat other mother Coraline murka dan menawan orangtua asli Coraline. Coraline harus siap bertarung sendiri untuk memperoleh kebahagiaannya. Kebahagian yang sebenarnya bukan hanya milik dia, tapi semua yang ada di lingkungan pink palace.

Saya heran, kenapa publikasi film ini tidak terdengar sama sekali di sini? Atau at least tidak segencar ketika film animasi Up, Cloudy, Kungfu Panda dan lain-lain akan tayang?

Padahal film ini sangat kuat dari segi moral cerita. Ini mewakili perasaan anak-anak yang terabaikan orangtuan dan lingkungan sekitarnya.
Jangan salahkan anak kalian ketika mereka mencari kesenangan di tempat lain ketika di rumahnya sendiri sudah tidak bisa didapatkan.

Jangan salahkan mereka ketika mereka justru menemukan idola lain ketika sosok figur itu mampu memberikan apa yang nereka cari dan butuhkan.

Hello Parents.... film ini bagus buat keluarga!

2 komentar:

gilasinema mengatakan...

Ini film menurutku film animasi dengan konsep paling mantap yang dirilis sepanjang tahun 2009 kemaren. Dan menurutku, filmnya lebih utuh ketimbang UP. Di Holly sana sebenarnya sambutannya cukup bagus. Namun kalo disini pamornya memang kalah jauh. Mungkin gara-gara bukan dari studio kondang kali ya

Kacamata mengatakan...

Setuju... secara pesan moral, gw lebih suka Coraline dibanding Up

Btw, film ini kan ga masuk bioskop kita kan ya?