Jumat, 22 Januari 2010

Fame - Arti sebuah kesuksesan

Genre : Musical
Score : 3 of 5 stars

Belakangan, tema musical lagi booming ya? Ga film ga series. Di TV serial Glee katanya lagi sukses digandrungi di tanah seberang. Terbukti serialnya juga menang di Golden Globe Award 2010. Kemudian Film musical juga mulai bertebaran dan diterima di masyarakat. Terbukti beberapa film musical itu masuk dalam daftar terlaris. Nine dan Fame contohnya.

Review kali ini membahas Fame. Kisah tentang para remaja yang menimba ilmu di Performing Art (PA), New York. Akademi yang menempa siswanya sangat ketat untuk menjadi performer terbaik setelah lulus. Terbukti seleksi masuknya juga sangat ketat.

Film dibuka dengan gambaran seleksi audisi itu. Para Siswa mempertunjukkan bakatnya. Menampilkan kebolehannya untuk menarik perhatian juri agar mau memilihnya dan lolos menjadi siswa PA. Dari puluhan ribu peserta audisi, hanya 200 siswa yang berhak mengecap pendidikan di sana.

Beberapa siswa menjadi tokoh sentral dalam film ini. Menurutku mereka mewakili beberapa karakter real dalam kehidupan manusia sesungguhnya. Ambisius, Angry man, pemalu, Confidence dan talented.

Denise, Mahir main piano dan suaranya bagus. Jenny, jago akting, tapi pemalu. Marco, jago menyanyi. Malik, Bakat nge-rap tapi punya latar broken home, dan beberapa lagi. Mereka inilah yang merangkai cerita merajut mimpi menjadi sukses dan terkenal.

Tidak ada tokoh utama dalam film in, karena porsi pemainnya semuanya sama. Tidak ada yang terlalu menonjol, semuanya rata. Oke cerita tentang remaja berbakat, kemudian ikut audis untuk kemudian sukses dan terkenal sudah banyak banget. Make it Happen, Coyote Ugly, Step up dan lain-lain. Tapi entah kenapa, buat saya, film ini punya taste beda. Musiknya bisa membuat kakiku ikut mengetuk lantai dengan ritme tanpa sadar.

Yup, musiknya keren. Apalagi ketika para talented itu berkolaborasi memamerkan kemampuannya. I like it.



Film ini sebenarnya bisa membuat mata kita sedikit terbuka tentang apa itu kesuksesan. Fenomena yang sekarang terjadi di masyarakat kebanyakan. Berlomba-lomba ingin menjadi artis terkenal. Film ini memperlihatkan kita bagaimana susahnya mencapai titik tujuan itu. Penuh jebakan dan kompetisi yang tinggi. Moral dan hati banyak yang hilang untuk itu. Rela menipu dan menyesatkan orang, untuk keuntungan pribadi.

Saya suka definisi sukses di akhir-akhir film yang dilontarkan Jenny.
Kurang lebih begini :

"There is something success is not true. It's not Fame, it's not money or power. Succes is waking up in the morning, so excited about what you have to do. It's getting work for people u love.
Success is connecting with the world and making people feel. It's finding a way to find together people who have nothing but a dream.
Success is joy and freedom... and freindship.
And... success is love!




Just Fyi, Kata IMdb, film ini adalah updated version film tahun 1980-an...

3 komentar:

TM. mengatakan...

Cha kok gak ada judulnya?

Kacamata mengatakan...

Udah aku edit Tim...
Thanks ya koreksinya

Kacamata mengatakan...

"There is something success is not.
It’s not fame, it’s not money or power.
Success is waking up in the morning so excited about what u have to do.U literally fly out the door.
It’s getting to work with people you’d love. Success is connecting with the world and making people feel good.
Its finding a way to bind together people who have nothing in common but a dream.
It’s finding u sleep at night.. know u did the best job u could.
Success is joy and freedom and friendship.
And success is love."


Thanks for Nita, to complete the quote