Kamis, 09 Desember 2010

The Social Network - Intrik di balik Facebook

Genre : Drama
Score : 4 of 5 stars

Facebook adalah fenomenal social network yang terjadi di era digital sekarang ini. Bisa dibilang hampir semua orang punya account di Facebook. Bergaul dan menjalin hubungan dengan teman lama ataupun dengan teman baru. Berbagi cerita dan informasi tentang yang terjadi dalam sehari-hari.

Tapi sebagai pengguna Facebook, tahukan kalian bagaimana sejarah dibalik ditemukannya jejaring sosial ini? Bagaimana emosi serta intrik yang terjadi di antara para pendirinya?

Well... kalo belum tahu, mungkin ada baiknya kalian nonton ini. Sebuah film cerdas yang mengadaptasi kisah nyata dengan karakter sebenarnya.

Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard yang di awal cerita digambarkan sedang patah hati karena baru saja diputuskan pacarnya di malam mereka berkencan. Semua kekesalannya dia tumpahkan di blog pribadinya. Hingga kemudian timbul ide untuk melecehkan para wanita yang ada di kampusnya.

Sebuah permainan online "facesmash" yang digandrungi oleh mahasiswa Harvard. Membandingkan dua wanita dari segi fisik. Website Mark dikunjungi ratusan ribu pengunjung hanya dalam hitungan jam. Dan hal itu berhasil membuat server Harvard down.

Tiba-tiba Mark menjadi buah bibir karena aplikasi yang sangat happening. Winklevoss bersaudara tertarik dan mengajak Mark untuk bergabung dengan project "Harvard Connection" sebuah jaringan sosial di kalangan mahasiswa Harvard yang terkenal beken.



Mark kemudian mengembangkan ide itu menjadi sebuah jaringan social yang tidak hanya beredar di kampus saja, tapi kemudian menghubungkan dengan beberapa universitas lainnya. Bahkan dengan bantuan Sean Parker, Project ini berhasil merambah ke seluruh dunia. Dengan cepat anggotanya berkembang pesat, membuat investor-investor ternama mau bergabung menjadi penyandang dana.

Tapi dibalik kesuksesan selalu ada intrik. Nah intrik itulah yang digambarkan menarik dalam film ini. Tuntut menuntut pun terjadi. Yah, seperti biasa uang dan kesuksesan bisa membuat hubungan bagaimanapun dekatnya jadi renggang. Wiklevoss, merasa idenya dicuri, sementara Eduardo, Co-Founder The Facebook (nama awal dari FB) merasa terbuang.

Sekali lagi saya memberikan acungan jempol buat film ini. Intriknya menarik dan mengalir. Adegan flashback di mana-mana tapi tidak tumpang tindih. Tidak membuat bingung. Kalopun ada yang bikin bingung mungkin karena dialognya sangat lancar (terutama jika Mark yang berbicara) serta bertabur istilah IT dan legal. Ga heran jika oscar buzz pun banyak yang mampir untuk film ini.

Pemainnya juga bermain brillian. Jesse Eisenberg, benar-benar mewakili sosok Mark yang nerd, jenius dan misterius. Andrew Garfield (calon pemeran Peter Parker, SPiderman) juga oke! Yang paling surprise buat saya adalah Justin Timberlake (Sean Parker). Dia bisa mengimbangi pemain lain dengan baik.

Well... Nonton deh, jangan cuma bisa obral status dan main game online doang di FB.

Ps : Saya hanya membandingkna sineas kita menginterpretasikan booming nya FB dengan judul "SETAN FACEBOOK" dan "I KNOW WHAT U DID ON FACEBOOK" ... What the... *shame on us*

Tidak ada komentar: