Sabtu, 18 Desember 2010

Tron Legacy (3D) - The Grid is the new world

Genre : Fantasy
Score : 2 of 5 stars

Sam Flynn dibesarkan dengan cerita-cerita epic tentang Tron dan dunia Grid ciptaan ayahnya, Kevin Flynn. Semua karakter-karakter dan apa yang ada dalam dunia program sana, termasuk Tron dan Clu. Tron adalah sang hero dan karakter utama dalam program game yang dibuat Kevin. Sementara Clu adalah tokoh cloning virtual Kevin yang dipercaya untuk mengatur The Grid.

Hingga suatu hari, ayahnya pergi dan tidak kembali lagi. Meninggalkan cerita dan kenangan yang sangat membekas di kepala Sam. Termasuk janji bahwa suatu hari Sam akan di bawa ke dalam dunia kerja ayahnya sesungguhnya.

Waktu berlalu, Sam tumbuh dengan memori yang masih terus melekat. Memilih hidup menyendiri dengan seekor anjing dan justru suka "meneror" para direksi perusahaan Encom, dengan keputusan yang menrutnya sudah menyimpang danri tujuan didirikan nya Encom. Encom itu perusahaan IT yang didirikan ayahnya, dan tentunya Flynn adalah pemegang saham terbesar di sana.

Tanpa sengaja Sam menemukan tempat kerja ayahnya. Dan mencoba menelusuri history pekerjaan terakhirnya. Dan... slammmm.... dia pun terjebak dalam The Grid! Dunia ciptaan ayahnya. Disanalah petualangan baru dimulai. Termasuk dunia "gladiator cakram" dan race yang dihindari oleh para "program"





Sam mencoba menyingkap mistery yang ada di sana, termasuk bagaimana kembali ke dunianya dan membawa ayahnya yang ternyata masih hidup. Dengan bantuan Quorra, ISO terakhir yang menjadi pengikut setia ayahnya. Melawan Clu sang pemberontak yang justru ingin menyerang dan menguasai dunia sesungguhnya

----

Pertama kali liat trailernya, gw langsung catat filem ini ke dalam list nontonku. Terlihat keren dan futuristik. Kemudian pada saat release, beberapa reviewer termasuk imdb dan rotten tomatoes memberikan nilai lebih terutama di sisi visual. Hal ini pulalah yang membuat gw ngotot ingin merasakan versi 3D nya.

Tapi sayangnya hasilnya ga sebagus yang saya harapkan, tidak cerita juga tidak efeknya. Gw rekap saja apa yang buat gw cuma ngasih nilai segitu :

1. Film ini menawarkan konsep yang memang tidak orisnil lagi. Pembuatan dunia baru dan karakter-karakternya sudah pernah ada di film-film pendahulunya. Mungkin contoh yang paling dekat adalah The Matrix Trilogy. Gw suka konsep dan imajinasi ceritanya. Tapi sayangnya berkembang flat dan cederung bertele-tele. Mungkin ingin menjelaskan kita apa dan bagaimana kehidupan The Grid itu. Jadi boring dan bahkan hampir tertidur.



2. Actionnya kurang! Dunia gladiator dalam trailer hanya sekedar tempelan saja. Lewat dalam satu scene dan bless hilang ga ada bekas. Untungnya ada Race ala The grid yang cukup menarik, apalagi tampilan motornya keren dan sooo futuristik.



Overall, ga ada action yang breath taking dan memorable. Coba bandingkan Matrix yang bertema sama tapi berhasil memasukkan beberapa adegan action khas Matrix, yang kemudian ditiru film-film sesesudahnya.

3. Efeknya? Omaigat... ini yang paling membuat saya kecewa! Gw masuk di studio yang harga tiketnya lebih mahal karena wiken dan harus rela memakai kacamata dobel karena ingin merasakan efek visual yang katanya jempol. Tapi i got nothing! Bahkan beberapa kali gw akhirnya memutuskan untuk melepas kacamata 3D nya. The Grid itu hanya dipenuhi lampu-lampu, dari jalanan, kota sampai baju. Sempat nyeletuk kek konser boybands hehehe.



Catatan : Efek 3D Step Up jauh lebih nampol. Apalagi mau disejajarkan dengan Avatar.

4. Penyelesaiannya, Meh... begitu saja! Ga ada yang spektakuler! Apalagi yang memorable.. pfew

5. Karakternya? Standar... Apalagi tokoh Zuse mengingatkan gw pada The Riddler dalam Batman. Ih... aktingnya justru annoying karena karakter annoyingnya ga dapat! Ga ada satupun yang menonjol. Bahkan Tron yang jadi judul film ini justru tidak punya gigi sama sekali. Kok perannya jadi seperti bodyguard saja?! Gw usul mending judulnya The Grid legacy saja. Tokh sepanjang film yang dibahas kan The Grid, bukan Tron nya! Catat bukan Tron nya!



Gw sendiri sebenarnya ga rela kalo film ini jadi mengecewakan begini. Sangat di bawah ekspektasi. film ini harusnya bisa lebih bagus dari ini. Terutama dari sisi efek. Ada banyak peluang, karena temanya memang futuristik. Jadi buat kalian yang tetap ingin nonton film ini, ambil yang versi biasa saja.



Tidak ada komentar: