Rabu, 25 Februari 2009

Elizabeth – Wanita perkasa nan rapuh

Elizabeth, Ratu inggris yang sangat disegani dan dicintai rakyatnya. Dia adalah ratu yang masih perawan dan tidak pernah takluk dengan cinta, hingga akhirnya bertemu dengan Raleigh sang pelaut sejati yang datang ke Inggris untuk menemui sang Ratu. Namun apa daya cinta Ratu tidak bersambut, ternyata Raleigh lebih memilih pelayan Ratu, Bess.

Selagi berkutat dengan kehidupan cintanya, Ratu menghadapi masalah dari Tetangganya, Spanyol. Ternyata Spanyol tersinggung dengan ulah Elizabeth yang menolak lamaran dari pangeran Spanyol dan kecewa dengan putusan ratu untuk membunuh Mary Stuart, Wanita yang dianggap berhianat terhadap Ratu dan menganggap dirinya adalah Ratu yang sesungguhnya.

Perang tidak dapat dielakkan. Untungnya Elizabeth mempunyai pasukan yang tangguh ditambah dengan bantuan Sir Raleigh dan pasukan lautnya. Hingga Kemenangan untuk Inggris tetap ditangan.

Raleigh yang berjasa bagi ratu diampuni kesalahannya akibat mencintai dan menikahi Bess. Ratu pun kembali berkuasa memimpin rakyatnya dengan tegas dan tangan besi hingga kemudian mau menjemputnya di usia 70 tahun (1533 – 1603).

Film ini sarat dengan sejarah eropa dan sekitarnya. Pergolakan di jaman itu tidak hanya seputaran politik tapi juga agama. Film ini sukses diperankan oleh para pemainnya yang tangguh. Belum lagi set film yang bener-bener bisa menghidupkan suasana abad ke 16. Kalo dari segi cerita sih menurutku terlalu panjang dan berkesan membosankan. Saya masih lebih suka cerita Shakespeare in love, Troy atau bahkan ever after sekalipun.

Tapi buat kalian yang menyukai film bergenre seperti ini mungkin akan betah memelototi film yang berdurasi 2 jam lebih ini.




Tidak ada komentar: