Kamis, 26 Februari 2009

SLUMDOG MILLIONAIRE – u don’t have to be a genius to be a millionaire!

Category: Movies
Genre: Drama

Tidak mengherankan bila film ini menjadi film terbaik Golden Globe Award 2009 baru-baru ini. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan sukses pula di Academy Award mendatang. Hal inilah yang menjadi alasan saya mencari filmnya. Jujur DVD film ini masih agak susah di cari. Malah di beberapa tempat, penjualnya kebingungan tidak pernah mendengar judul film ini sebelumnya. Hasilnya? Terpesona dengan alur yang melompat-lompat tapi sangat menarik. Larut dengan acting pemainnya terutama “the three musketeer” para pemain ciliknya. Sangat natural dan membawa emosi.

Jamal pemuda miskin dari Mumbai menjadi peserta Who Wants to be a millionaire? Sebuah kuis yang fenomenal dan sangat susah ditembus sampai level akhir. Bahkan peserta yang menembus angka 1 milliar itu tidak melebihi hitungan satu tangan. Jamal, the Slumdog yang sangat tidak diperhitungkan. Bahkan hostnya sendiri sangat memandang sebelah mata. Melecehkan jamal dengan halus dari awal acara. Tapi sayangnya perjalanannya mencapai ke puncak pertanyaan tidak semulus yang disangka. Bukan dari sulitnya soal yang diajukan, tapi justru tuduhan berbuat curang yang dilancarkan sang pembawa acara.

Jamal ditangkap pada jeda waktu sebelum pertanyaan 1 milliar. Setelah polisi melakukan berbagai cara investigasi, Jamal akhirnya berkata :
“U don’t have to be a genius to be a millionaire”
Jamal cukup mengingat semua jalan hidup yang telah dijalaninya, dan semua soal dapat dipecahkan bersama… How lucky!

Cerita hidupnya pun bergulir kembali di ingatannya mengikuti rentetan soal yang muncul di layar monitor. Bagaimana ditinggal mati ibunya akibat kerusuhan antar agama, atau terjebaknya Jamal dengan kakaknya, Salim dan temannya, Latika, dalam lingkaran mafia pengemis India. Latika adalah cinta sejatinya. Latika adalah salah satu obsesi dia dalam hidup. Terpisah sekian lama untuk kemudianbertemu tapi tetap ada jurang besar di antara mereka. Ini juga yang menjadi motivasi kenapa Jamal mau ikut. Latika, yang dicari sepangjang hidupnya, sangat menyukai game show itu.

Kalau mau tau apakah Jamal berhasil menyandingkan Latika dan hadiah 1 milliarnya, nonton sendiri aja ya. Once again, I won’t break my own rule to review something. I won’t be a spoiler here for you guys! Yang jelas pertanyaan terakhir itu justru selalu menjadi pertanyaan Jamal sejak kecil.

Catatan terakhir : semua pemainnya adalah pemain India. Dan ceritanya diangkat dari novel berjudul Q&A.



Tidak ada komentar: