Rabu, 25 Februari 2009

The Kite Runner - The Movie


Category: Movies
Genre: Drama


Setelah membaca bukunya yang sangat menyentuh, ada hasrat untuk menonton versi layar lebarnya. Bagaimana jika kisah Amir dan Hassan ini divisualkan. Bagaimana jika Novel booming di dunia kembali diangkat ke layar lebar oleh perfilman Hollywood.

Film dibuka dengan penemuan kejanggalan setting cerita. Jika dibukunya bersetting tahun 2002, di filmnya tahun 2001. Aneh... atau buku yang beredar di Indonesia memang berbeda dengan buku aslinya? Kemudian beralur mundur untuk menceritakan sosok Hassan yang "dikhianati" Amir. Sayangnya pada bagian ini, chemistry antara kedua anak itu tidak digambarkan sempurna, jadi bagian pengorbanan Hassan dan sifat pengecut Amir, menurutku, tidak sukses membuat penonton tersentuh. sementara pada novelnya bisa dibilang sepertiga bagiannya adalah untuk memaparkan kisah ini (untuk sinopsis bukunya ada di sini )
Lagi-lagi terbentur dengan durasi film yang terbatas. Hambatan seorang film maker jika mengangkat tema dari sebuah novel sukses. Terbentur durasi dan ego pembaca novelnya.

Justru film ini berhasil memaparkan bagian dimana Amir berniat "menebus" dosanya dengan menyelamatkan Sohrab, anak Hassan. Film ini juga sangat sukses memperlihatkan sisi lain dari Kabul, Afghanistan. Keindahan dan kebudayaannya. I Love it...

Tapi, overall, jika disuruh milih saya lebih memilih membaca bukunya dibanding menonton filmnya.



Tidak ada komentar: