Rabu, 25 Februari 2009

The other boleyn girl - Persaingan dan Penghianatan


Category: Movies
Genre: Drama


Film ini diangkat dari sebuah Novel laris Phillipa Gregory berjudul sama. Berkisah tentang Ratu England Anne Boleyn yang merupakan ibu dari Queen Elizabeth I. Dibahas dari sudut pandang saudaranya sendiri, Marry Boleyn. Marry sendiri adalah selir dari King Henry VIII yang kemudian ditelantarkan karena Henry menikahi Anne.

Film ini menggunakan alur mundur. Totally flashback. Alur yang juga baru saya sadari ketika film ini memasuki closure.

Anne dan Marry lahir dari keluarga yang ambisius mengejar pretise dan kehormatan. Setelah pernikahan Marry dengan lelaki biasa, Anne pun diplot untuk mendekati dan memikat Henry, King of England VIII. Karena watak Anne yang keras dan tegas, Henry justru berbalik menyukai Marry yang berpembawaan lembut dan keibuan. Henry pun meminang Marry untuk diboyong ke Istana, meski sudah menikah.

Bapak dan pamannya sangat mendukung. Bahkan suaminya pun tidak bisa berbuat apa-apa, setelah dijanjikan posisi dan jabatan yang menyenangkan. Marry pun tinggal di istana. Hingga kemudian melahirkan putra Henry. Sesaat setelah melahirkan, bukan pelukan kebahagiaan dari Henry yang diperoleh tapi justru lambaian good bye dari Henry yang berpaling kepelukan saudaranya, Anne, The other boleyn girl.
Anne secara licik berusaha memikat Henry dengan segala upaya. Make a man curious, and they will follow you then. Prinsip yang berhasil diterapkan Anne ke Henry. Bahkan Saking tergila-gilanya, Henry rela menceraikan istri sahnya. Setelah menikahi Anne, otomatis Anne jadi ratu. Tapi Anne hanya bisa memberikan seorang putri untuk Henry. Sementara Henry terobsesi ingin memiliki Seorang putra yang bisa mewarisi kerajaan dan kekuasaannya. Hingga kemudian Anne pun berupaya segala macam cara untuk bisa hamil, bahkan dengan memaksa saudara laki-lakinya sendiri, George, untuk mau menghamilinya. Ambisi ini lah yang menjadi biang kesalahan Anne dan kemudian membuatnya terpuruk menjadi pesakitan.

What a really complicated story. Gara-gara nonton film ini, saya tertarik ingin membaca novelnya. Karena film ini sangat membingungkan. Banyak adegan yang loncat-loncat dan memaksa kita (yang belum pernah baca bukunya) untuk berasumsi sendiri. Setting dan wardrobe film ini bener-bener wah. berhasil menampilkan suasana kerajaan England di jaman itu.



Tidak ada komentar: